Jumat, 15 Maret 2013

Manchester United Amazing 7

Bagi sebagian pemain nomor punggung memiliki arti tersendiri dan memiliki daya "magis" tertentu akan tetapi terkadang nomor tersebut memberikan beban kepada pemain yang menggunakannya, setiap tim memiliki nomer magis mereka sendiri begitu juga dengan United memilki nomer magis yang melegenda, bukan nomor 10 yang selalu menjadi nomor yang diagungkan bagi sebagian tim. tetapi nomor 7 lah sebagai nomor magisnya, dari sekian banyak pemain United yang menggunakan nomor 7 hanya terdapat 5 pemain yang sangat menonjol.

GEORGE BEST, THE EL BEATLE


Siapa yang tidak mengenal dengan pemain kelahiran 22 mei 1946 ini hampir semua orang pasti mengenalnya, yes he is George Best, pemain yang memulai karir juniornya bersama tim junior Manchester United yang akhirnya bergabung bersama tim senior Manchester United pada tahun 1963. bermain sebanyak 470 kali bersama United dengan mencetak 179 gol dalam semua kompetisi yang di ikuti Manchester United, pemain yang pada masa jaya terkenal dengan gaya hidupnya yang Flamboyan ini menjadi tonggak awal magis pengguna nomor 7 di Manchester United.

Best sangat terkenal dengan kelincahan dan kecepatannya menyisir sisi sayap dan berposisi sebagai Attacking Midfielder, semasa karirnya Best memperkuat beberapa tim seperti: Manchester United, Dunstable Town, Stockport Country, Cork Celtic, Los Angeles Aztecs, Fuham, Fort Lauderdale Strikers, Hibernian, Tobermore United, Brisbane Lions, Bournemouth, San Jose Earthquakes.
Di masa jayanya Best adalah pecandu alkohol, keluarganya hancur bahkan sampai terlilit hutang. Best wafat pada tanggal 25 November 2005 di London diakibatkan efek samping penyembuhan transplantasi liver. sebelum wafat Best berpesan pada seluruh orang agar jangan meninggal seperti dirinya.


BRYAN ROBSON, UNITED'S CAPTAIN MARVEL


Lahir di Chester-le-street, Inggris pada 11 Januari 1957, Bryan Robson memulai karir bersama tim West Bromwich Albion pada tahun 1974 dengan catatan 198 kali main dan 40 gol selama 6 musim merumput bersama WBA. lalu Robson diboyong ke Old Trafford dengan biaya transfer £ 1,5 juta pada tahun 1981 dan memulai debutnya pada 7 Oktober.

Bryan Robson sangat terkenal dengan kesantunannya di lapangan yang berposisi sebagai midfielder, dia menjadi sosok yang sangat sentral dengan kepemimpnannya yang baik, dan menjadi captain terlama dalam sejarah United yaitu dari tahun 1982 hingga 1994. selama 13 musim bersama United sejak 1981-1994, Robson sudah bermain sebanyak 461 kali dengan 99 gol di semua ajang yang diikuti oleh United.

Robson pensiun sebagai pemain pada tahun 1997 di tim Middlesbrough, dan memulai debut kepelatihannya di tim yang sama dan tahun yang sama. karir kepelatihan Robson dilanjutkan ke Bradford City, West Bromwich Albion, dan Shefield United, kini Robson menangani tim nasional Thailand.


ERIC CANTONA, THE KING


Eric "The King" Cantona mungkin bisa disebut sebagai captain yang fenomenal, terlahir dengan nama Eric Daniel Pierre Cantona pada 24 mei 1966 di Marseille, Perancis. awal karir dia bermain untuk Auxerre, Martigues, Bordeaux, Montepellier, Nimes dan Leeds United sebelum bergabung dengan Manchester United pada tahun 1992 hingga 1997.
Bersama United, Eric "King" Cantona berhasil meraih 4 gelar Liga Primer, 2 Piala FA dan 2 Piala Liga.

Sepanjang karirnya Cantona dikenal sebagai pemain yang "Bengal" dan sempat terkena kasus "Tendangan Kungfu" berawal ketika United melawan Crystal Palace pada tahun 1995, pada saat itu Cantona diberi kartu merah oleh wasit ketika berjalan menuju ruang ganti, seorang pendukung Crystal Palace bernama Matthew Simmons mencaci maki Cantona dan spontan langsung bereaksi dengan menendang Matthew sambil meloncat seperti gaya kungfu.


Dalam wawancaranya di salah satu stasiun TV di amerika, Cantona mengungkapkan bahwa insiden itu terjadi untuk membahagiakan fans dan memberi pelajaran terhadap supporter yang bersikap tidak sopan dan Cantona menegaskan supporter seperti itu tidak layak untuk menonton secara langsung.


 DAVID BECKHAM, THE POSH BOY


David Robert Joseph Beckham lahir di Leytonstone, London, 2 Mei 1975. adalah produk didikan asli sekolah sepak bola Manchester United. Beckham sangat terkenal dengan kemampuannya memberi umpan silang dan tendangan bebas yang melengkung sekaligus akurat. istrinya adalah Victoria Beckham (Victoria Caroline Adams) dan mempunyai anak bernama Brooklyn Joseph, Romeo James, Cruz David dan Harper Seven.

Melakukan debut di musim 1994/1995 dengan masuk kedalam tim senior Manchester United walaupun mendapat kecaman karena dinilai terlalu muda, namun Beckham dapat membuktikan bahwa Alex Ferguson tidak salah memilihnya dengan sumbangan gol spektakulernya ke gawang Wimbledon. debut di Tim nasional Inggris pada tanggal 1 September 1996 mengahadapi Moldova dalam kualifikasi Piala Dunia.

Pada musim 1998/1999 mungkin menjadi klimaks dari karir Beckham karena United berhasil meraih Treble Winner: Liga Inggris, FA dan Liga Champions. bahkan gelar Champions diraih dengan sangat dramatis dan spektakuler, pada menit ke-89 United masih tertinggal 0-1 dan disaat itu pula Bayern Munchen sudah melakukan pesta, namun keajaiban terjadi, berawal dari bola liar hasil tendangan Ryan Giggs yang dapat dimanfaatkan oleh Teddy Sheringham untuk menjadi gol. 30 detik setelah kick-off kembali dimulai United mendapat tendangan penjuru yang dieksekusi oleh Beckham dan dapat disambut oleh Ole Gunnar Solskjaer dan akhirnya membuat United menang dengan skor 2-1.


Pada musim 2002 hubungan Beckham dengan Sir Alex mulai memburuk setelah "Insiden Sepatu" di kamar ganti United, setelah kalah dari arsenal membuat Sir Alex marah ketika di kamar ganti dan menendang sepatu yang mengenai pelipis Beckham mengakibatkan dia harus mendapat 13 jahitan.

Diawal musim 2003/2004 dia dijual ke Real Madrid dengan harga 35 juta Euro, disana dia mengenakan nomor 23 karena nomor 7 masih dikenakan oleh legenda El Real yaitu Raul Gonzales. pada musim selanjutnya belum bisa memberikan gelar bagi El Real namun dia masih menjadi pilihan utama sebelum kedatangan pelatih Fabio Capello yang membuatnya harus tersingkir dari tim utama.

Pada 11 januari 2007, Beckham menyetujui kontrak 5 tahun bersama LA Galaxy dan mulai bergabung pada bulan agustus setelah kontraknya bersama Madrid berakhir, awal tahun 2012 lalu ketika LA Galaxy tur pra musim ke Indonesia Beckham ikut serta dan bertanding melawan Timnas Indonesia.


CRISTIANO RONALDO, ROCKET RONALDO


Terlahir dengan nama Cristiano Ronaldo Dos Santos Aveiro, di Funchal, Madeira, portugal pada tanggal 5 Februari 1985. yang sekarang merumput bersama Real Madrid, sebelum bermain untuk Real Madrid, dia pernah bermain untuk Sporting Lisbon dan Manchester United. pemain yang kerap dipanggil CR7 ini berposisi di sayap kiri dan kanan serta dapat menjadi striker.

Ronaldo mulai merintis karir sepakbolanya dengan bergabung bersama klub lokal Andorinha (1993-1995), Nacional (1995-1997), dan Sporting Lisbon (1997-2001) pada masa junior.

Pada pertengahan musim panas, Manchester United mengadakan pertandingan persahabatan melawan Sporting Lisbon dan hasil yang mengejutkan terjadi, United kalah dengan skor 3-1 sebuah kekalahan yang cukup mengejutkan bagi sebuah klub raksasa Inggris sekaliber Manchester United. lebih jauh kemenangan ini berkat permainan cemerlang Ronaldo, inilah yang membuat para pemain United mendesak Ferguson untuk merekrut pemain muda berbakat itu.

Setelah pertandingan persahabatan itu, Ronaldo pun di datangkan ke Old Trafford dengan nilai transfer €12.24 juta Euro. Ronaldo pun menjadi pemain portugal pertama yang merumput bersama United. sebelum dia bermain, Sir Alex bertanya nomor punggung berapa yang dia harapkan dan Ronaldo pun menjawab 28 yaitu nomor favoritnya, namun Sir Alex menolak dan memberikan nomor 7, nomor sama yang digunakan oleh George Best, Bryan Robson, Eric Cantona dan David Beckham. dan di Manchester United nomor 7 adalah nomor turun temurun pemain legendaris yang membawa United pada puncak kejayaan.


Banyak orang yang meragukan keputusan Sir Alex tersebut namun setelah melihat penampilan perdana Ronaldo dan mencetak gol melalui tendangan bebas pada saat melawan Portsmouth, para penonton pun percaya bahwa Ronaldo akan menjadi pewaris nomor 7 yang tepat. Kelebihan dari Ronaldo adalah kemampuan larinya yang cepat, teknik dribbling bola yang tinggi serta akurasi tendangan bebas yang sangat baik, dan dapat mengisi posisi sayap kanan dan kiri bahkan dapat menjadi striker.

Selama 6 musim merumput bersama Setan Merah, Ronaldo berhasil membawa United memenangkan 3 kali juara Liga Inggris (2006-2007, 2007-2008, 2008-2009), satu kali juara Piala FA (2003-2004), Piala Liga (2005-2006, 2008-2009), 1 kali juara Community Shield (2007), 1 kali juara Liga Champions Eropa (2007-2008), dan 1 kali juara dunia antar klub (2008). Ronaldo telah bermain sebanyak 196 kali dan mencetak 84 gol.

Pada 1 Juli 2009, dia pindah ke Real Madrid dengan memecahkan rekor transfer sebesar 80 juta Poundsterling yang menjadikannya pemain termahal. namun sempat tersiar kabar bahwa Ronaldo akan pulang kembali Manchester United dikarena kan selalu gagal dalam merebut Balon d'OR dari pesaingnya Lionel Messi dan juga Andres Iniesta. satu-satunya yang akan membuat dia kembali ke Manchester United adalah Sir Alex Ferguson, bukan rahasia lagi jika Ronaldo sangat menghormati Sir Alex seperti ayahnya sendiri, setelah transfernya ke Real Madrid berhasil Ronaldo mengungkapkannya dengan memuji Ferguson yang telah berjasa dalam membangun karirnya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar