Kamis, 07 Maret 2013

Sejarah Awal Manchester United

Tahun Awal (1878-1945)

Tim ini pertama kali dibentuk dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway F.C. pada 1878 sebagai tim karya Lancashire dan Yorkshire di stasiun kereta api newton heath.
pada tahun 1893 tim sudah memasuki kompetisi sepak bola dan menjadi mandiri sehingga memutuskan hubungan dengan perusahaan kereta api dan menjadi Newton Heath F.C saja dengan menggunakan kaos tim berwarna hijau - emas.
Sampai diadakan rapat untuk mengganti nama perkumpulan, Manchester Central dan Manchester Celtic adalah nama yang diusulkan, sebelum Louis Rocca imigran muda asal italia mengusulkan nama Manchester United dan resmi eksis pada tanggal 26 april 1902, dengan merubah kaos tim menjadi warna merah dan putih.


Era Sir Matt Busby

Mungkin pada era Sir Matt Busby Manchester United mengalami peningkatan prestasi yang cukup signifikan karena pada tahun 1945, united menunjukan prestasi dengan berada di posisi kedua pada tahun 1947, 1948 dan 1949 dan memenangkan piala FA pada tahun 1948. Menjadi tim pertama yang mengikuti kompetisi piala champions eropa setelah FA membatalkan hak chelsea untuk berlaga di piala champions, berhasil mencapai babak semifinal sebelum akhirnya dikandaskan oleh Real Madrid.


Namun pada musim selanjutnya tepatnya pada tanggal 6 Februari 1958 kecelakaan terjadi ketika pesawat yang membawa tim pulang dari piala champions hendak mengisi bahan bakar di Munich, Jerman. Kecelakaan ini terjadi disebabkan kecepatan yang tidak stabil karena adanya lumpur sehingga merenggut 8 orang pemain - Geoff Bent, Roger Byrne, Eddie Colman, Duncan Edwards, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor dan Liam Whelan. dan juga merenggut 15 orang lainnya termasuk staff united.
Akan tetapi Bobby Charlton dan Dennis Viollet dapat diselamatkan berkat Harry Gregg yang sigap menyelamatkan, banyak dokter yang mengatakan Matt Busby tidak banyak memiliki harapan namun pada akhirnya dapat pulih setelah dirawat di rumah sakit selama 2 bulan.

Pada awal 60-an, Busby mulai membangun tim kembali dengan membeli Denis Law dan Pat Crerand dan mempunyai talenta muda berbakat yaitu George Best ditambah dengan Bobby Charlton yang dapat mengantarkan United menjuarai piala FA pada tahun 1963, menjuarai liga tahun 1965 dan 1967 serta berhasil menjuarai piala champions eropa setelah mengandaskan SL Benfica dengan skor 4-1, dan menjadi tim Inggris pertama yang berhasil menjuarai kompetisi ini. Namun Matt Busby mengundurkan diri pada tahun 1969.


Masa Masa Sulit

Setelah masa gemilang munculah masa sulit, itu juga yang sama dialami oleh United setelah ditinggal oleh Busby. Banyak pelatih seperti Wilf McGuinness, O'Farrell yang berusaha menggantikan Busby namun belum membuahkan hasil yang positif bagi United dan membuat United turun kasta ke divisi dua. United meraih promosi berkat andil besar pemain muda berbakat Steve Coppell dan manajer Tommy Docherty, namun Docherty dipecat dan digantikan oleh Dave Sexton yang tidak lama dipecat kembali karena gaya permainan tidak disukai oleh suporter yang lebih menyukai gaya menyerang ala Busby dan Docherty. Akhirnya Ron Atkinson ditunjuk untuk menjadi manajer United yang berhasil membawa tim menjuarai Piala FA dua kali yaitu pada tahun 1983 dan 1985 namun penampilan tim kembali memburuk dan membuat Atkinson harus turun dari manajer tim. Setelah itu tim merekrut pelatih baru yaitu Sir Alex Ferguson.


Era Sir Alex Ferguson

Alex Ferguson datang dari Aberdeen untuk menggantikan Atkinson, kedatangan Ferguson ini membawa aura positif dengan menjuarai Piala FA dan Winners' Cup Eropa di tahun 1990-1991 mengalahkan juara Spanyol pada musim itu yaitu Barcelona. United berhasil mencatatkan rekor Double Winner pada tahun 1995-1996 dan mendapat julukan "Double Double" karena jadi tim pertama yang mendapat Double kedua kalinya, United mendapat Double berkat pemain fenomenal Eric Cantona, walaupun Cantona menyatakan pensiun dari persepakbolaan profesional pada usia 30 tahun.


Tahun 1998-1999 mungkin menjadi musim paling bersejarah bagi United karena  BPL, Piala FA dan Piala Champion UEFA dapat dibawa ke Old trafford, setelah melewati BPL yang padat dengan mengalahkan Tottenham  2-1 pada pertangdingan akhir sedangkan Arsenal menang 1-0 atas Aston Villa. dan berhasil mengkandaskan Newcastle United dengan skor 2-0. pertandingan penentu pada saat itu adalah final Piala Champion UEFA 1999, berhasil mengalahkan Bayern Munich dengan skor 2-1 dan pertandingan itu disebut-sebut sebagai come back terbaik yang pernah ada serta slogan "Impossible Is Nothing" mungkin paling cocok diapresiasikan pada pertandingan itu.

Masa masa setelah treble cukup menjanjikan diawali dengan menjuarai liga pada tahun 2000 dan 2001 setelah itu menjuarai Piala FA setelah mengkandaskan Millwall dengan skor 3-0 dan itu menjadi Piala FA terkahir dan sampai sekarang belum dapat mendapatkannya kembali. tetapi itu dapat dibayar dengan kemenangan Double pada tahun 2008 setelah menjuarai Liga dan menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan Chelsea lewat adu penalti 6-5.
Di musim 2011-2012, United mendapatkan kemenangan besar atas Arsenal dengan skor akhir 8-2 di Old Trafford  namun mendapatkan juga pil pahit setelah ditumbangkan tim Tetangga Manchester City dengan skor 1-6 di Old Trafford.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar